Tahun demi tahun, buku demi buku, selalu membahas bagaimana kita diharapkan untuk melakukan inovasi dengan cara Out of the Box. Berbagai award saya menangkan dalam maupun luar negri, lantas saya dicap ‘out of the box’. Padahal…
Setelah saya pikir-pikir lagi, dalam belasan tahun pengalaman di berbagai bidang yang menuntut kreativitas ini ternyata yang baik dan berhasil tidak boleh sekedar Out of the Box. Banyak juga pengalaman saya yang ‘out of the box’ dan heboh sehingga menimbulkan word of mouth yang kuat namun tidak relevan sehingga tidak sukses secara keseluruhan.
Contohnya pada saat Padi launching album mereka di atas atap Hard Rock Café Jakarta, buzz sangat tinggi, diliput berbagai media termasuk televisi dan masuk harian Kompas halaman 1. Namun penjualan album Padi saat itu tidak laku. Walau tidak ada hubungannya dengan Hard Rock Café yang mendapatkan keuntungan secara brand awareness sebagai tempat yang selalu kreatif mengemas program acara, namun sedih juga karena album Padi tidak lantas laku walau didukung launching yang dahsyat diatas.
Jadi belakangan ini saya lebih sering menerapkan konsep Berpikir Out of the Box namun eksekusi Inside the Box. Boleh boleh saja inovatif namun harus relevan dengan produk atau brand kita, jangan sampai kita terjebak dengan out of the box yang luar biasa namun akhirnya out beneran…
Sebenarnya seru juga eksekusi Inside the Box, seperti layaknya Harry Houdini yang selalu mampu mencari jalan keluar walaupun dirinya terkunci dan dimasukkan ke dalam box. Jadi kita jangan terjebak dengan batasan-batasan yang ada dalam pekerjaan atau kehidupan kita sehari-hari. Ini bukan magic, tapi membiasakan diri berpikir positif dan selalu kreatif mencari jalan keluar dari masalah yang ada.
I Like Monday menjadi contoh dimana berpikir Out of the Box namun eksekusinya Inside the Box. Program I Like Monday hanya akan menjadi sekedar inovasi bila artisnya bisa siapa saja, lokal maupun luar negri, punya album maupun tidak punya. Dan karena eksekusi inside the box sehingga pemilihan harinya pun sesuai kebutuhan Hard Rock Café yaitu Senin. Hari yang paling sepi dalam seminggu. Bila dilakukan hari Jumat mungkin akan ramai juga tapi tidak begitu menguntungkan untuk HRC dibanding dilakukan di hari Senin.
Atau program MTV Trax Destination Nowhere sangat inovatif karena saya rancang untuk majalah MTV Trax. Bayangkan bila program ini saya rancang untuk sebuah bank yang image-nya aman dan terpercaya? Apakah cocok?
Jadi berpikir out of the box boleh tapi harus relevan.
Sumber :
Yoris Sebastian
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=6279
1 Februari 2008
Minggu, 28 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar